Hubungan Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional



Hubungan Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional
            Wawasan Nusantara dan Ketahanan nasional adalah 2 hal yang tidak dapat dipisahkan. Karena keduanya adalah satu kesatuan yang saling berkaitan satu sama lain. Dalam upaya mewujudkan keselarasan dalam integrasi nasional dan demi terwujudnya tujuan bangsa serta aspirasi masyarakat diperlukan sebuah dasar atau landasan yang benar-benar kokoh berupa konsep wawasan nusantara.
            Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari 13.607 pulau dengan beragam adat istiadat dan budaya yang berbeda. Perbedaan antara tipa warga negara merupakan sebuah kekayaan sumber daya manusia yang akan terwujud keselaran koloborasi tiap bagian-bagiannya dengan penanaman nilai-nilai pancasila serta wawasan nusantara dalam tindak laku tiap individu. Adanya perwujudan kesatuan dan keselarasan langkah tersebut menjadikan Indonesia semakin kokoh melawan arus globalisasi dan pihak-pihak yang ingin memporak porandakan kesatuan bangsa Indonesia. Dalam upaya melaewan arus globalisasi dan pihak-pihak tersebut dibutuhkan ketahanan nasioal dalam bangsa Indonesia.
            Selain itu, bangsa Indonesia merupakan negara maritim yang dapat menjadi celah  yang mudah dimasuki pihak-pihak yang akan menyebabkan disintegrasi Indonesia. Adapun salah satu manfaat dari wawasan nusantara adalah menjadi pemersatu kesatuan bangsa dan negara Indonesia dalam konteks bhineka tunggal ika sehingga dapat mewujudkan tujuan bangsa sebaimana yang telah disusun dalam UUD 1945.
            Konsep wawasan nasional merupakan cara pandang bangsa Indonesia terhadap wawasan nusantara. Dengan pengarahan cara pandang terhadap wawasan nusantara yang sesuai dengan dasar dan landasan yang ada, maka hal tersebut menjadi pedoman bagi pembangunan nasional yang pada akhirnya mencapai tujuan nasional bangsa Indonesia. Sedangkan ketahanan nasional adalah suatu keadaan yang diperlukan bangsa Indonesia demi tercapainya tujuan nasional. Dan dalam  konteks ini Indonesia sangat memerlukan konsep tersebut sebagai daya tahan disintegrasi bangsa setelah adanya pemahaman terhadap konsep wawasan nusantara. Jadi, wawasan nusantara dan ketahanan nasional memiliki hubungan erat dalam pencapaian tujuan nasional bangsa dalam lingkar bhineka tunggal ika.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, kedudukan,Tujuan, dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan

Konsep Tasawuf Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani

مذهب الشيعة و آرائهم الكلامية